Peserta seleksi masuk IAIN membludak

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Patah Palembang. (Antarasumsel.com/Grafis/aw)

....Hanya 70 persen yang akan diterima sebagai mahasiswa dari total 1.880 jumlah pendaftar karena pihak IAIN harus mempertimbangkan daya tampung....
Berita Terkait
Palembang  (ANTARA Sumsel) - Peserta mengikuti Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri di lingkungan kampus Institut Agama Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, Selasa membludak mencapai 2.880 orang.

Peserta Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPMB PTAIN) itu digelar serentak secara nasional bersama 52 PTAIN se-Indonesia di bawah koordinasi Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kepala Bagian Akademik Administrasi Kemahasiswaan (BAAK) sekaligus Sekretaris Panitia Lokal Mirwan Fasta mengatakan, SPMB PTAIN Wilayah II Sumatera Selatan memanfaatkan lima gedung fakultas, satu gedung pasca sarjana dan gedung akademik center.

"Pendaftar secara online pada tahun ini cukup membludak hingga mencapai 2880 peserta sehingga panitia mengerahkan 300 orang pengawas, 15 orang penanggung jawab lokasi, dan satu orang penanggung jawab naskah soal dari pegawai IAIN Raden Fatah," katanya.

Selain itu, panitia lokal juga dibantu pihak kepolisian dari Polsek Kemuning untuk mengamankan seleksi ujian masuk itu. "Pada tahun ini IAIN Raden Fatah menduduki urutan kedua secara nasional untuk banyaknya jumlah pendaftar setelah provinsi Aceh," katanya.

Pada hari pertama itu, para peserta melewati lima mata uji, meliputi tes kemampuan potensi akademik, tes bidang studi dasar, tes wawasan keislaman, tes bidang IPA, dan tes bidang IPS.

"Ujian dimulai pukul 07.30 s.d. 13.00 WIB, dengan memanfaatkan sebanyak 144 lokal yang terdiri dari 20 peserta di setiap lokalnya," ujarnya.

Ia menginformasikan, hanya 70 persen yang akan diterima sebagai mahasiswa dari total jumlah pendaftar karena pihak IAIN harus mempertimbangkan daya tampung.

Daya tampung IAIN berjumlah 2.500 orang mahasiswa, namun dari peserta hanya 1.750 orang karena dikurangi 10 persen untuk penerimaan jalur undangan atau sebanyak 163 calon mahasiswa jalur tanpa tes, dan 20 persennya lagi untuk penerimaan jalur lokal/mandiri yang akan dilaksanakan pada bulan Juli nanti setelah hasil SPMB PTAIN ini diumumkan.

"Hasil Ujian akan diumumkan secara online di website http://www.spmb-ptain.ac.id/ pada 13 Juli mendatang atau dapat menghubungi panitia lokal di gedung BAAK IAIN Raden Fatah," katanya.

Bagi peserta yang dinyatakan lulus, harap melapor seminggu setelah pengumuman untuk melakukan pendaftaran ulang. Bagi peserta yang tidak melapor sampai batas waktu dianggap mengundurkan diri," katanya. (Dolly)

Editor: Parni
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasumsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar