Ratusan masjid laksanakan isra mi'raj serentak

id masjid, bantuan, bantuan masjid

Ratusan masjid laksanakan isra mi'raj serentak

Masjid di Bandarlampung (Foto Antara)

....Bantuan dana untuk kegiatan keagamaan Isra Mi'raj itu sudah dilakukan dalam dua tahun terakhir yang tujuannya selain membantu panitia dan pengurus masjid agar bisa menyelenggarakan peringatan Isra Mi'raj, juga untuk lebih meningkatkan Syiar Islam
Bandarlampung  (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 700 masjid di Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung, mengadakan acara Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW tahun 1433 Hijriah/2012 Masehi secara serentak pada Sabtu (16/6) malam.

Kegiatan itu selain diisi dengan tradisi keagamaan yang diselenggarakan oleh Panitia Hari-hari Besar Islam (PHBI) dan pengurus masjid masing-masing, juga mendengarkan sambutan tertulis Wali Kota Bandarlampung Herman HN dan ceramah hikmah peringatan Isra Mi'raj Nabi dari para penceramah.

Berbeda dengan peringatan dua tahun sebelumnya, peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW di Kota Bandarlampung tahun ini mendapat bantuan dana untuk kegiatan dari wali kota masing-masing masjid sebesar Rp1 juta.

Wali Kota Bandarlampung Herman HN melalui Kepala Bagian (Kabag) Humas Paryanto, yang dihubungi Minggu menjelaskan, bantuan dana untuk kegiatan keagamaan Isra Mi'raj itu sudah dilakukan dalam dua tahun terakhir.

Tujuannya selain membantu panitia dan pengurus masjid agar bisa menyelenggarakan peringatan Isra Mi'raj, juga untuk lebih meningkatkan Syiar Islam di wilayah Kota Bandarlampung, sedangkan teknis penggunaan dananya diserahkan kepada PHBI dan pengurus masjid setempat.

"Selain itu yang lebih penting lagi adalah agar Umat Islam di kota itu dapat mendoakan  Kota Bandarlampung bersama seluruh masyarakatnya hidup secara aman, nyaman, tenteram dan dijauhkan dari segala macam mara bahaya," kata Paryanto.

Dilaksanakannya, peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW secara serentak itu membuat suasana di Kota Bandarlampung pada Sabtu (16/6) malam  menjadi lebih semarak, karena masing-masing masjid menggelar acara, sehingga suara pengajian dan ceramah menggema  seakan saling bersahutan satu sama lain dalam cuaca relatif cerah.

Perayaan Isra Mi'raj di Masjid Al Muttaqin, Kelurahan Gulak Galik, Kecamatan Telukbetung Utara misalnya, diisi dengan sambutan terlulis Wali Kota Bandarlampung Herman HN yang disampaikan oleh Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan Kelurahan Gulak Galik, Irham.

Selanjutnya, ceramah  hikmah Isra Mi'raj disampaikan oleh Ustadz Mulkanudin.

Ketua Pengurus Masjid Al Muttaqin Drs H Syafiuddin Muas MPd dan Ketua Rukun Tetangga (RT)-06, Kelurahan Gulak Galik H Imam Mustafa menyambut baik bantuan dana dari wali kota itu, sehingga kegiatan lebih lancar dan hendaknya para jemaah Ummat Muslim setempat bisa mengikutinya dengan baik.

 Sementara Ustadz Mulkanudin menilai bantuan dana untuk peringatan Isra Mi'raj kepada 700 unit masjid itu merupakan suatu terobosan baru yang diharapkan dapat bermanfaat dan bisa lebih berkesinambungan.

Wali Kota Bandarlampung Herman HN dalam sambutan tertulisya yang dibacakan di seluruh masjid menyelenggarakan peringatan Isra Mi'raj 1433 H itu mengatakan, sebanyak 700 masjid yang ada di 98 kelurahan menyelenggarakan peringatan itu secara serentak.

Herman HN mengharapkan seluruh lapisan masyarakat dapat bersatu padu turut serta melanjutkan pembangunan di Kota Bandarlampung agar lebih baik di masa yang akan datang.

Sementara Ustadz Mulkanudin dalam ceramah uraian hikmah Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW antara lain menekankan dan mengajak pentingnya umat Islam melaksanakan apa yang menjadi inti Isra Mi'raj itu, yakni melaksanakan shalat lima waktu dalam sehari semalam.

Dengan ibadah shalat yang baik, maka diharapkan dapat meningkatkan kadar keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.(Ant)