Dahlan: Ketidakadilan membuat masyarakat miskin kehilangan harapan

id menteri bumn, dahlan iskan, kemiskinan

Dahlan: Ketidakadilan membuat masyarakat miskin kehilangan harapan

Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan. (FOTO antarasumsel.com/Yudi Abdullah/12)

...Kalau dulu saya miskin, tapi sekampung miskin semua dan itu nggak masalah, namun sekarang tidak...
Bandung (ANTARA Sumsel) - Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan sekarang kemiskinan lebih sulit diatasi karena rasa ketidakadilan telah membuat masyarakat miskin kehilangan harapan.

"Kemiskinan sekarang itu lebih sulit diatasi karena bercampur dengan rasa ketidakadilan. Kalau dulu saya miskin, tapi sekampung miskin semua dan itu nggak masalah, namun sekarang tidak," kata Dahlan Iskan di Lapangan Upakarti, Kompleks Perkantoran Pemerintah Kabupaten Bandung, Minggu.

Oleh karena itu, menurut dia, upaya untuk mengurangi kemiskinan harus diawali dengan "membangun harapan."

"Dan itu tugas pemimpin. Pemimpinnya harus dipercaya oleh orang miskin karena kalau tidak dipercaya maka yang kita bangun untuk memunculkan harapannya tidak akan bisa," tutur mantan Direktur Utama PLN itu.

Ia menjelaskan pula bahwa sejak tahun ini hingga sepuluh tahun mendatang pemimpin negeri ini paling tidak harus menyelesaikan 10 masalah, delapan diantaranya adalah masalah kemiskinan dan sisanya masalah birokrasi dan infrastruktur.

"Jadi 80 persen dari 100 persen perhatian kita adalah kemiskinan dan ini tugas kita untuk mengentaskannya," ujar dia.(ANT/KR-ASJ)