Kapilah tak diizinkan ikut penutupan MTQN

id mtq, mtq ambon

Kapilah tak diizinkan ikut penutupan MTQN

MTQ XXIV tingkat nasional, di Lapangan Merdeka, Ambon, Maluku (Foto Antara)

....Petugas Paspampres terlalu "over protektif". Buktinya banyak peserta dan undangan yang hadir tidak diperkenankan masuk....
Ambon (ANTARA Sumsel) - Kafilah yang tidak diizinkan masuk untuk mengikuti acara penutupan Musabaqah Tilawatil Quran XXIV tingkat nasional di Ambon, Jumat malam adalah dari  DKI Jakarta.

"Kami kecewa karena tidak diizinkan masuk oleh Paspampres yang memberlakukan pemeriksaan di arena Tribun Lapangan Merdeka dengan alasan tanda pengenal tidak lengkap," kata beberapa anggota kafilah DKI kepada ANTARA.

Menurut mereka, kafilah yang akan menghadiri penutupan MTQ oleh Wapres itu, adalah para Qori dan Qoriah terbaik asal DKI yang telah menjuarai sejumlah mata lomba MTQ Nasional.

"Kami sudah datang lebih awal satu jam setengah sebelum acara penutupan oleh Wapres Boediono dimulai pukul 20.00. Tetapi saat di pintu masuk dihalangi oleh petugas Paspampres," ujar mereka.

Mereka mengakui, kehadiran mereka pada penutupan, karena berpeluang besar untuk meraih juara umum pada MTQ 2012.

"Kami memiliki peluang besar meraih juara umum karena Qori dan Qoriah DKI menjuarai sebagian besar mata lomba yang dipertandingkan dalam MTWQ tahun ini. Jika tidak diizinkan masuk maka kemungkinan tidak satu pun dari kontingen DKI akan tampil di panggung untuk menerima piala bergilir dari Wakil Presiden Doediono," ujar kafilah DKI.

Mereka menyesalkan sikap anggota Paspampres dinilai "over protektif" terhadap para peserta maupun undangan yang hadir untuk mengikuti acara penutupan itu.

"Petugas Paspampres terlalu over protektif. Buktinya banyak peserta dan undangan yang hadir tidak diperkenankan masuk. Seharusnya Paspampres lebih luwes dalam melakukan pemeriksaan," kata anggota kontingen DKI lainnya.

Pengamanan menurut mereka tidak perlu berlebihan karena kenyataannya kondisi keamanan di Maluku dan Ambon pada umumnya tetap kondusif dan aman, mulai dari pembukaan hingga penutupan.(Ant)