Sriwijaya kemilau enterprise pamerkan pusaka Palembang

id pameran heritage, sriwijaya kemilau

Sriwijaya kemilau enterprise pamerkan pusaka Palembang

Wali Kota Palembang Eddy Santana Putra (kiri) didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Palembang, Faisyar (kanan) menyaksikan pameran pusaka yang diselenggarakan Sriwijaya Kemilau Enterprise. (Foto Antarasumsel.com/Nila Fu'adi)

....Selain memamerkan lukisan di kanvas bergambar Palembang tempo dulu, seperti Mesjid Agung dan Jembatan Ampera juga beragam "handmade" karya anak-anak ibu kota bumi Sriwijaya itu....
Palembang  (ANTARA Sumsel ) - Sriwijaya Kemilau Enterprise menggelar  pameran "heritage" atau pusaka Palembang, seperti songket dan lukisan yang menggambarkan beragam benda dan aktivitas tempo dulu.

Direktur Sriwijaya Kemilau Enterprise Yudhi Syarofi di Palembang, Kamis, mengatakan pameran ini menjadi salah satu ajang untuk memperkenalkan berbagai kekayaan baik seni dan budaya yang diwariskan Kesultanan Palembang
Darussalam.

"Kegiatan ini menjadi salah satu upaya untuk mempromosikan dan melestarikan seni dan kebudayaan setempat," katanya.

Ia menjelaskan, selama ini kekayaan seni dan budaya kota pempek ini cenderung tidak tersimpan apalagi terpublikasi secara optimal.

Karena itu, pihaknya menargetkan melalui ajang ini mampu mengangkat kekayaan yang diwariskan bukan hanya Kesultanan Palembang Darussalam tetapi juga Kerajaan Sriwijaya.

Menurut dia, selain memamerkan lukisan di kanvas bergambar Palembang tempo dulu, seperti Mesjid Agung dan Jembatan Ampera juga beragam "handmade" karya anak-anak ibu kota bumi Sriwijaya itu.

Kerajinan berupa lukisan pusaka Palembang dalam berbagai bentuk piring dan patung keluarga sultan serta tak ketinggalan kain songket dipamerkan.

Wali Kota Palembang, Eddy Santana Putra mengatakan mengapresiasi pameran yang diselenggarakan Sriwijaya Kemilau Enterprise karena menjadi salah satu upaya meningkatkan citra kota pempek dari bidang seni dan budaya.

Benda-benda yang dipamerkan memiliki nilai seni yang tinggi menggambarkan kebudayaan Palembang tempo dulu memang sangat luar biasa berkelas.

Dia menambahkan, kreasi masyarakat Palembang yang dinaungi lembaga tersebut dengan membuat kerajinan tangan, seperti lukisan piring dan patung kesultanan sangat menawan.

"Saya akan menjadikan karya perajin itu untuk cendera mata sehingga setiap tamu yang datang membawa oleh-oleh produk itu," katanya. (Nila)