Petani desak tinjau ulang HGU PTPN VII

id petani cinta manis unjukrasa

Petani desak tinjau ulang HGU PTPN VII

Ratusan petani dari Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Ogan Ilir mendesak Badan Pertanahan Nasional Sumatera Selatan meninjau ulang Hak Guna Usaha PT Perkebunan Nusantara VII unit usaha Cinta Manis karena masih bersengketa lahan dengan warga setempat

....Massa yang berunjuk rasa itu sehari sebelumnya mendatangi Mapolda dan DPRD Provinsi Sumsel sekaligus bermalam di gedung wakil rakyat tersebut....
Palembang  (ANTARA Sumsel) - Ratusan petani yang berasal dari  Kabupaten  Ogan Komering Ilir dan Ogan Ilir mendesak agar Badan Pertanahan Nasional Sumatera Selatan meninjau ulang Hak Guna Usaha PT Perkebunan Nusantara VII unit usaha Cinta Manis, karena sekarang ini masih bersengketa lahan dengan warga setempat..

Desakan itu disampaikan ratusan petani yang tergabung dalam Gerakan Petani Bersatu Ogan Ilir dan Serikat Petani Ogan Komering Ilir serta Walhi Sumsel dalam unjuk rasa di halaman BPN setempat di Palembang, Kamis.

Massa yang berunjuk rasa itu sehari sebelumnya mendatangi Mapolda dan DPRD Provinsi Sumsel sekaligus bermalam di gedung wakil rakyat tersebut.

Direktur Eksekutif Walhi Sumsel, Anwar Sadat dalam orasinya mengatakan agar BPN meninjau ulang HGU milik PTPN VII di unit usaha Cinta Manis, Kabupaten Ogan Ilir.

Selain itu hentikan pemberian izin HGU baru terhadap perusahaan pabrik gula tersebut.

Hentikan upaya kriminalisasi aparat terhadap petani yang berjuang mempertahankan hak mereka, termasuk  menolak HGU PT Bumi Sriwijaya Sentosa yang diduga akan mengambil tanah masyarakat sekitar.

Dalam orasi itu juga disampaikan agar pihak BPN menandatangani permintaan itu dan disampaikan kepada pihak yang berwenang.

Sementara Kapala Bidang Hak Tanah BPN Sumsel M Hotagaol mengatakan, pihaknya akan menyampaikan aspirasi petani kabupaten tersebut kepada pemerintah pusat.

Khusus untuk perusaaan PT Bumi Sriwijaya Sentosa pihaknya akan meninjau ulang terutama mengenai HGU perusahaan tersebut.

Mengenai areal PTPN VII unit Cinta Manis yang telah memiilik HGU sekarang ini lebih dari 6.512 hektare, katanya.(U005)