Tim penyelamat bencana alam Sumsel dilatih keterampilan

id tagana, taruna siaga, bencana alam, dinsos sumsel

Tim penyelamat bencana alam Sumsel dilatih keterampilan

Ilustrasi anggota tagana sedang latihan (FOTO ANTARA)

....Tim taruna siaga bencana Sumatera Selatan latihan ketrampilan di Banyuasin, sehingga mereka nantinya siap diterjunkan ketika terjadi bencana alam ....
Palembang  (ANTARA Sumsel) - Tim Taruna siaga bencana alam Sumatera Selatan akan melaksanakan latihan di Desa Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin pada pertengahan Juni 2012, kata Kepala Dinas Sosial Sumsel H Apriyadi di Palembang, Selasa.

Dikemukakannya, latihan tersebut supaya taruna siaga bencana itu nantinya semakin terampil dalam menanggulangi bencana alam di daerah.

Oleh karena itu, pihaknya melaksanakan pelatihan teknik dan tata cara dalam penanggulangan bencana bila terjadi di daerah Sumsel, katanya.

Mengenai pelatihan sendiri, menurut dia, akan dilaksanakan di darat termasuk perairan sehingga mereka nantinya lebih mampu dalam menanggulangi bencana, karena sudah menguasai medan.

Namun, yang lebih penting lagi latihan tersebut supaya para anggota "penyelamat" itu benar-benar siap mental dalam menghadapi bencana alam.

Menurut dia, jumlah anggota taruna siaga bencana (tagana)  yang ada di  Sumsel saat ini mencapai 700 orang tersebar pada 11 kabupaten dan empat kota di provinsi tersebut.

Para taruna siaga bencana itu selalu memantau perkembangan wilayah dan iklim terutama bagi daerah yang rawan terjadi bencana alam.

Ia berharap, dengan adanya anggota yang direkrut dari kalangan pemuda tersebut, ketika terjadi bencana alam seperi banjir, kebakaran, gempa bumi termasuk tanah longsor mereka berperan serta ikut menyelamatkan korban. (U005)