Kesenian daerah perlu dilestarikan

id kesenian, tradisional, pagelaran seni dan tari daerah

Kesenian daerah perlu dilestarikan

Kesenian daerah (ilustrasi) (Foto ANTARA)

....Pelestarian kesenian daerah penting karena itu merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan daya tarik wisatawan berkunjung ke daerah ini....
Palembang  (ANTARA Sumsel) - Kesenian daerah Sumatera Selatan yang sekarang ini  agaknya kian tersisihkan,  dimasa mendatang akan terus dilestarikan supaya lagu dan tarian daerah semakin berkembang.

Kabid Seni dan Budaya Dinas Pariwisata Sumatera Selatan Dadang Irawan saat menyaksikan pagelaran seni tari dan lagu daerah di Palembang, Sabtu mengatakan, pihaknya rutin melaksanakan kegiatan termasuk fesivital lagu dan tari daerah agar kesenian daerah itu semakin lestari.

Pelestarian kesenian daerah penting karena itu merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan daya tarik wisatawan datang berkunjung ke daerah ini, katanya.

Selain itu dilakasanakan pelestarian tersebut supaya motivasi pencipta lagu dan tari daerah terus kembang dan diminati generasi penerus bangsa..

Oleh karena itu pihaknya melaksanakan pagelaran kesenian daerah supaya tari dan lagu di provinsi ini semakin lestari dikenal masyarakat luas..

Mengenai pagelaran kesenian sendiri, setiap utusan kabupaten dan kota di Sumsel akan membawakan lagu daerah yang diiringi musik tradisional setempat..

Setiap daerah bebas membawakan lagu khas dan pihaknya tidak menentukan karena ini pagelaran kesenian yang akan dipilih peserta terbaik.

Selain itu, bagi peserta terbaik selanjutnya disiapkan mengikuti pagelaran kesenian daerah tingkat nasional supaya tari dan lagu asal Sumsel semakin dikenal dan dijadikan ajang promosi, katanya.(U005)