Lukisan piring dipamerkan pada HUT Palembang

id lukisan piring, hut kota palembang

Lukisan piring dipamerkan pada HUT Palembang

Puluhan lukisan dengan media piring akan dipamerkan untuk memeriahkan hari ulang tahun Kota Palembang ke 1.329 pada 14 Juni nanti. (Foto Antarasumsel.com/Nila)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Puluhan lukisan dengan media piring akan dipamerkan untuk memeriahkan hari ulang tahun Kota Palembang ke 1.329 pada 14 Juni nanti.

Panitia penyelenggara pameran, Thamrin di Palembang, Rabu mengatakan lukisan piring tersebut terdiri dari beragam gambar, seperti gadis Palembang dengan pakaian tradisional, Jembatan Ampera dan Mesjid Agung.

Pameran tersebut diharapkan mampu menyosialisasikan keberagaman seni dan budaya warisan Kesultanan Palembang yang terjaga hingga kini meskipun  hanya  melalui media lukisan maupun kerajinan khas, seperti songket dan beragam miniatur.

Menurut dia, berbagai upaya mereka lakukan untuk mendorong lestarinya beragam seni dan budaya Palembang.

Termasuk dengan menggunakan media piring untuk menggambarkan keragaman khas tradisional kota pempek.

Ia mengatakan, hari jadi Kota Palembang menjadi waktu yang tepat untuk memperkenalkan kebudayaan dan seni setempat.

Bukan hanya lukisan piring yang akan meramaikan tetapi puluhan kanvas bergambarkan Palembang tempo dulu juga didedikasikan untuk memeriahkan hari jadi ke 1.329 itu.

Sementara itu selain memamerkan lukisan piring dan kanvas pemkot setempat juga menyiapkan beragam perlombaan untuk memeriahkan hari jadi kota, seperti memancing di Sungai Musi yang berhadiah mobil dan senam kesehatan jasmani.

Pemkot juga telah mempersiapkan hiburan khusus untuk masyarakat kota pempek di Plaza Benteng Kuto Besak dan menyelenggarakan pameran produk di Sriwijaya Promotion Centre.

Selain itu, puncak peringatan 17 Juni seperti biasanya akan dilaksanakan sidang paripurna istimewa di DPRD setempat. (Nila)