Palembang gagal meraih Adipura Kencana

id piala adipura, palembang gagal raih adipura kencana

Palembang gagal meraih Adipura Kencana

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyerahkan penghargaan Adipura kategori Kota Metropolitan kepada Kota Palembang Sumsel yang diterima Wali kota Palembang Eddy Santana Putra di acara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2012 di Istana Nega

....Kita harus bersyukur karena mampu menjadi salah satu kota metropolitan terbersih secara nasional....
Jakarta  (ANTARA Sumsel) - Kota Palembang, Sumatera Selatan tahun ini gagal meraih piala Adipura Kencana, namun tetap merebut piala Adipura sebagai penghargaan kota metropolitan terbersih ketiga di Indonesia.
 
Wali Kota Palembang Eddy Santana Putra setelah menerima penghargaan piala Adipura dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu di Jakarta, Selasa, mengatakan meski belum berhasil meraih piala Adipura Kencana tetapi berhasil meraih empat penghargaan sekaligus.

"Kita harus bersyukur karena mampu menjadi salah satu kota metropolitan terbersih secara nasional," katanya.

Ia menjelaskan, piala adipura keenam tersebut langsung diberikan oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara.

Selain itu, Selasa malam piala Adiwiyata, terminal terbersih dan pasar terbersih juga akan diserahkan.

Menurut dia, meskipun tidak berhasil meraih adipura kencana tetapi penghargaan ini menjadi salah satu bukti kalau masyarakat Kota Palembang terus meningkatkan kesadaran menjaga kebersihan.
      
"Kebersihan dan keindahan kota tidak bisa hanya bergantung kepada pemerintah kota tetapi partisipasi masyarakat sangat penting," ujarnya.
     
Dia mengatakan, kegagalan Palembang meraih Adipura Kencana menjadi evaluasi bersama agar saling meningkatkan partisipasi dalam menjaga kebersihan dan keindahan kota.

Namun, Eddy menambahkan  Palembang belum berhasil meraih Adipura Kencana itu karena memang
tahun lalu kondisi kota pempek masih dalam proses pembangunan berbagai fasilitas umum, seperti pelebaran jalan dan galian menjelang SEA Games XXVI.

Akibatnya, kondisi kota memang tampak tidak rapi dan banyak debu serta sampah sehingga mengurangi nilai.

Kepala Dinas Kebersihan Kota Palembang, Kemas Abubakar menambahkan, walaupun tidak meraih adipura kencana tetapi Palembang sangat luar biasa. Apalagi Kota Palembang juga mendapat piala pasar dan sekolah terbersih.

Berbagai upaya untuk meraih adipura telah dilaksanakan dengan menjaga kebersihan kota tetapi memang belum berhasil mendapat piala Adipura kencana.

Ia menjelaskan, Palembang tahun ini hanya mampu mempertahankan predikat kota metropolitan terbersih
sedangkan piala Adipura Kencana diraih Surabaya dan posisi kedua Kota Tangerang. (Nila)