SMA Negeri Sumsel kejar akreditasi A

Pemberian penghargaan kepada tim terbaik enterpreneurship project SMA Sumsel (Sampoerna Academy) di Gedung SMA Sumsel Jakabaring Palembang, Rabu (16/5). (FOTO antarasumsel.com/Feny/12)

...Pihak kami sedang mengurus akreditasi lanjutan karena pada tahun ini syarat utama yakni telah memiliki lulusan sudah bisa terpenuhi...
Berita Terkait
Palembang  (ANTARA Sumsel) - Sekolah Menengah Atas Negeri Sumatera Selatan (Sampoerna Academy) di Palembang, mengejar akreditasi A setelah pada tahun ini akan meluluskan puluhan siswa angkatan pertama, kata Kepala SMAN Sumsel Erma Retnowati.

"Pihak kami sedang mengurus akreditasi lanjutan karena pada tahun ini syarat utama yakni telah memiliki lulusan sudah bisa terpenuhi," kata Erma di Palembang, Jumat.

Sebanyak 78 siswa kelas III sekolah itu menunggu pengumuman kelulusan pada 26 Mei 2012.

Sementara, siswa kelas I dan kelas II masing-masing berjumlah 100 orang mengharapkan segera terealisasi akreditasi A.

"Kami berharap siswa lulus seratus persen pada Ujian Nasional tahun ini untuk memotivasi angkatan berikutnya," katanya.

Sekolah yang didirikan pada tahun 2009 itu memiliki tenaga pendidik berjumlah 34 orang yang dua di antaranya telah menyelesaikan pendidikan Strata 2 (S2). Sementara, tiga orang guru diperkirakan akan menyandang gelar S2 pada akhir tahun ini.

"Kami selalu mendorong para guru untuk menyelesaikan pendidikan hingga jenjang S2 untuk mengimbangi kebutuhan para siswa," katanya.

Pada tahun pelajaran 2012-2013, sekolah yang dibangun Pemerintah Provinsi Sumsel bekerja sama dengan Putera Sampoerna Foundation itu akan menerima 100 orang siswa baru.

Sebanyak 800 pendaftar telah melewati proses seleksi dan akan diumumkan pada beberapa surat kabar nasional dan daerah pekan depan.

"Sebelum diumumkan resmi kami akan melakukan komunikasi melalui telepon terlebih dahulu dengan siswa yang terpilih untuk memastikan keinginan masuk SMA Sumsel," katanya.

SMAN Sumsel memberikan pendidikan berkualitas dengan standar internasional kepada siswa berprestasi yang kurang beruntung (ekonomi menengah ke bawah) dari Sumatera Selatan, dan provinsi lain di Indonesia.

Sekolah yang berdiri di Kawasan Jakabaring itu menerapkan sistem pendidikan asrama dengan memberikan kuota 10 persen kepada pelajar dari luar provinsi Sumsel.

Buka Jurusan

Sementara di bagian lain Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Palembang membuka jurusan baru yakni patiseri (pembuatan roti dan kue) pada tahun pelajaran 2012-2013, kata Wakil Kepala SMKN 6 Palembang Rivalena.

"Jurusan patiseri melengkapi lima jurusan yang sudah ada sejak beberapa tahun lalu seperti boga, perhotelan, tata busana, kecantikan kulit, dan kecantikan rambut," kata Rivalena secara terpisah di Palembang, Jumat.

Penambahan jurusan baru itu untuk mengakomodasi kebutuhan dunia kerja dewasa ini.

"SMK adalah sekolah yang menyiapkan siswa untuk masuk ke dunia kerja, artinya harus ada hubungan timbal balik. Kami pun harus membaca kondisi saat ini dengan semakin banyak bermunculan toko roti dan kue," ujarnya.

Para alumni SMP di Kota Palembang memiliki kesempatan untuk masuk SMKN 6 yang telah berstatus Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) itu, asalkan lulus dalam seleksi tahap I (23 Juni) dan seleksi tahap II (6-7 Juli).

"Bagi yang berminat segera mengisi formulir untuk mengikuti seleksi dan langsung memilih jurusan yang diinginkan karena kami memiliki ketentuan tersendiri untuk jurusan perhotelan dan tata boga dengan kuota mencapai 468 siswa," katanya.(ANT/pso-039)

Editor: Yudi Abdullah
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasumsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar