Palembang (ANTARA Sumsel) - Sumatera Selatan merintis Pemusatan Pelatihan Latihan Mahasiswa di Palembang untuk menampung atlet tingkat perguruan tinggi yang berprestasi, kata Kepala Bidang Pengembangan Kepemimpinan Kepemudaan dan Kewirausahaan Dinas Pemuda dan Olahraga Sumsel Adi Wahyuno.

"Sumsel telah memiliki pusat pelatihan untuk pelajar SMP dan SMA tapi belum ada kelanjutan untuk mahasiswa. Ini yang sedang dirintis Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga) agar secepatnya berdiri," kata Adi di Palembang, Sabtu.

Dispora sedang berkoordinasi dengan sejumlah universitas di Sumsel untuk menyelenggarakan pusat pelatihan dan latihan mahasiswa (PPLM) itu.

"Masih belum benar-benar nyambung antara keinginan Dispora dan Universitas, ini yang membuat sulit. Hal tersebut perlu didirikan PPLM agar menyatu, karena pihak universitas juga telah memiliki program pendidikan untuk atlet," ujarnya.

Pihaknya telah melakukan pendekatan dengan Universitas Sriwijaya mengenai penyelenggaraan PPLM untuk cabang olahraga atletik dan pencak silat oleh Fakultas Olahraga.

"Potensi sementara ini ada pada atletik dan pencak silat tapi jika PPLM jadi dibuka tentunya akan dikaji lagi, karena disesuaikan dengan daftar mahasiswa berpretasi," katanya.

Sementara ini, Dispora Sumsel fokus membina 24 atlet PPLP dari lima cabang olahraga (wusyu, anggar, pecak silat, karate, dan atletik).

"Para atlet PPLP sudah diinapkan di Wisma Atlet Jakabaring sejak Februari 2012, karena tersedia arena latihan khusus buat mereka," ujarnya.

Program tersebut dilaksanakan, karena Sumsel mendapatkan kuota 24 atlet dari Kemenpora untuk menyelenggarakan PPLP.

Sementara, pembinaan fokus pada cabang olahraga individu sejak tahun 2005 setelah gagal mencetak tim sepak bola berprestasi, katanya. (ANT/pso-039)

Editor: Yudi Abdullah
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasumsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar