Siswa SLB di Palembang jalani UN

id siswa slb, un

Siswa SLB di Palembang jalani UN

Siswa SLB mengikuti Ujian Nasional dengan dibantu guru pendamping untuk memindahkan jawaban ujian ke lembar jawaban komputer. (FOTO ANTARA/Feny Selly/12)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sejumlah siswa penyandang cacat tunanetra di Sekolah Luar Biasa (SLB) Tunanetra Pembina  mampu menjalani  Ujian Nasional (UN) dengan lancar.

Kepala SLB Pembina Suwardi S.Pd  di sela-sela pelaksanaan hari kedua UN di Palembang, Selasa mengatakan, siswa penyandang cacat tersebut mampu menjawab soal ujian yang dibuat khusus dengan menggunakan huruf braille.

“Para siswa pada dasarnya istimewa dan cerdas. Merekapun telah menerima pelajaran tambahan sebelum menjalani ujian," ujar dia.

Mata pelajaran yang diujikan untuk siswa tunanetra tidak berbeda dengan siswa umum, namun penyandang cacat tersebut diberikan tambahan waktu 30 menit untuk menjawab soal dan penulisan lembar jawaban komputer dibantu dua orang pengawas yang berasal dari sekolah lain.

"Kami membantu memindahkan jawaban siswa ke LJK secara manual," ujar Trianto salah satu pengawas yang bertugas di SLB Pembina. (ANT/fn)