Demokrat belum tentukan calon wali kota Palembang

id calon walikota, pilkada, palembang

Demokrat belum tentukan calon wali kota Palembang

Kantor Walikota Palembang di Jalan Merdeka, mulai diincar jelang Pilkada 2013.(FOTO ANTARA/Yudi Abdullah/11)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Sumatera Selatan hingga kini belum menentukan calon Wali Kota Palembang yang akan diusung, meskipun sejumlah kader partai itu sudah menyatakan akan maju pada pemilihan wali kota mendatang.

"Sampai sekarang ini kita belum menentukan siapa yang akan diusung pada pemilihan wali kota Palembang," kata Sekretaris DPD Partai Demokrat Sumsel RHM Adi Rasyidi di Palembang, Rabu.

Menurut dia, untuk mengusung calon Wali Kota Palembang itu ada mekanisme sendiri yang wajib untuk dilaksanakan, salah satunya survei.

Untuk calon Wali Kota Palembang sekarang ini sedang dilaksanakan survei, jadi partai itu tidak gegabah dalam mencalonkan kadernya pada pemilihan wali kota akan dilaksanakan pada tahun 2013.

Ia menyatakan, dalam artian tidak sembarangan, harus berdasarkan survei dan siapa "polling" yang terbesar.

Nanti, kata dia, tim sembilan yang akan menghimpun sejumlah nama kandidat dijagokan, dan mereka sendiri belum menentukannya.

DPD partai tersebut tidak mengeluarkan rekomendasi untuk Palembang satu, tetapi DPP yang akan menentukannya.

Jadi, apapun yang telah direkomendasikan DPP semua harus patuh dengan keputusan tersebut, kata Adi Rasyidi yang juga anggota DPRD Sumsel itu.

Ia mengakui, memang saat ini sudah ada beberapa nama yang akan maju pada pemilihan Wali Kota Palembang, baik dari kader internal partai itu maupun dari luar kader partai tersebut.

Kader partai itu antara lain Sarjan Tahir (mantan anggota DPR RI), HA Djauhari (Wakil Ketua DPRD Sumsel sekarang).

Kemudian sejumlah nama yang disebut-sebut bakal ikut pemilihan Wali Kota Palembang seperti H.Mularis Djahri (pengusaha perkebunan), Romi Herton (Wakil Wali Kota Palembang sekarang), Sarimuda (Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Sumsel) dan Nuriswanto (anggota DPR RI).

Terkait dengan akan dilaksanakannya pemilihan wali kota itu, sejumlah calon sudah mulai melakukan sosialisasi.
(ANT/KR-SUS)