Indonesia kekurangan pembina Pramuka

id pramuka, kekurangan pembina

Indonesia kekurangan pembina Pramuka

Wakil Ketua Bidang Diklat Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Prof Jana Tjahjana Anggadiredja pada acara sosialisasi Undang-Undang Gerakan Pramuka di Gedung Serbaguna DPRD Sumatera Selatan, Rabu (4/4).(FOTO ANTARA/Ansyor/12)

...Pembina yang berkualitas sangat diperlukan untuk bisa menanamkan nilai-nilai Pramuka ke dalam kehidupan generasi muda Indonesia...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Wakil Ketua Bidang Diklat Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Prof Jana Tjahjana Anggadiredja mengungkapkan bahwa Indonesia masih kekurangan tenaga pembina yang berkualitas dan memiliki minat besar terhadap Pramuka.

Pembina yang berkualitas sangat diperlukan untuk bisa menanamkan nilai-nilai Pramuka ke dalam kehidupan generasi muda Indonesia, kata Jana pada acara sosialisasi Undang-Undang Gerakan Pramuka di Gedung Serbaguna DPRD Sumatera Selatan, Rabu.
     
"Berdasarkan Undang-Undang Pramuka tahun 2012 disebutkan bahwa perlu ada evaluasi peserta didik oleh pembina dan evaluasi tenaga pendidik dan kurikulum oleh pusat pendidikan dan latihan nasional," kata dia.

Selain itu, berdasarkan UU tersebut diperlukan sertifikasi bagi pembina sebagai tanda kecakapan pada keahlian tertentu sehingga kualitasnya terjamin
     
"Saat ini, Pramuka memerlukan perombakan sistem pendidikan agar bisa terus bersaing dan sesuai dengan kondisi zaman," tambah dia.
     
Hal serupa disampaikan Ketua Kwartir Daerah Sumsel H. Abdul Shobur bahwa diperlukan pelatihan bagi pembina Pramuka agar bisa melatih anggota dalam meningkatkan potensi diri, budi pekerti, kejujuran, dan kecintaan pada alam.
     
"Nilai-nilai Pramuka harus mendarah daging dalam diri pemuda agar dapat membangun cita-cita bangsa," kata dia.
     
Selain itu, Shobur juga menilai bahwa saat ini pendidikan di Indonesia belum sepenuhnya mengedepankan pengembangan potensi diri pemuda.
     
Pramuka merupakan wadah untuk menggali potensi pemuda dan bekal untuk menghadapi masa depan mereka, kata dia menambahkan.(ANT-Ansyor)