Pasokan buah duku di Palembang mulai berkurang

id buah duku, pasar

Pasokan buah duku di Palembang mulai berkurang

Buah duku asal Sumsel yang beberapa bulan ini membanjiri pasar Palembang kini pasokannya mulai berkurang dan harganya mulai naik. (FOTO ANTARA/Ansyor/12)

Palembang, (ANTARA News) - Harga buah duku kini mulai beranjak naik, akibat jumlah pasokan ke pasar-pasar tradisional di Palembang, sejak dua hari terakhir hingga Minggu ini, mulai berkurang.

Dari pantauan ANTARA, sejumlah pedagang hanya menyediakan stok buah duku dalam jumlah terbatas dengan mematok harga jual antara Rp8.000 hingga Rp10 ribu per kilogram, padahal akhir pekan lalu masih di kisaran Rp5.000 per kg,

Rustam, seorang pedagang di pasar tradisional Kelurahan 7 Ulu Palembang, menuturkan, sejak dua hari terakhir, pasokan buah duku ke pasaran yang didatangkan pedagang pengumpul dari beberapa daerah sentra produksi mulai berkurang.

Dikatakannya, para petani duku sebagian besar sudah selesai panen.

"Selain buah duku, buah musiman lainnya yang jumlah pasokannya juga semakin berkurang adalah rambutan, cempedak, dan durian," kata pedagang itu lagi.

Sekarang, menurutnya, harga buah rambutan Rp4.000 per kg, padahal pekan lalu masih hanya Rp2.500 per kg.

"Kemudian durian ukuran sedang dipatok Rp25 ribu per buah, atau naik dari Rp20 ribu per buah pada pekan lalu," tuturnya.

Beberapa jenis buah musiman tersebut, lanjutnya, memang panennya hampir dalam waktu bersamaan, sehingga selesai panen pun serentak.

"Sekarang ini walaupun masih ada pedagang yang menyediakan stok buah musiman tersebut, namun di samping jumlahnya terbatas, juga harga jual semakin tinggi," katanya.

Berikut catatan harga selengkapnya:
-------------------------------------------------------------------------
Jenis buah : harga sekarang :akhir pekan lalu
=================================================
- buah duku/kg :Rp10 ribu :Rp5.000,-

- buah rambutan :Rp4.000,- :Rp2.500,-

- durian uk sedang/buah :Rp25 ribu :Rp20 ribu

- cempedak uk sedang :Rp10 ribu :Rp7.500,-

- pepaya lokal/kg :Rp4.000,- :Rp4.000,-

- semangka/kg :Rp4.000,- :Rp4.000,-

- jeruk lokal/kg :Rp12 ribu :Rp12 ribu. (ANT-Parni)