Berita Terkait
Palembang, (ANTARA News) - Anggaran dana untuk memfasilitasi kegiatan lembaga swadaya masyarakat dan organisasi masyarakat di Sumatera Selatan, tahun 2012 sebesar Rp17 miliar.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Provinsi Sumsel, M Ikhwanudin menyampaikan hal itu ketika menerima kunjungan kerja dari Kesbangpol dan Linmas se-Kalimantan Timur di Palembang, Kamis.

Menurut dia, anggaran dana untuk memfasilitasi kegiatan LSM dan Ormas di Sumsel pada tahun 2010 dialokasikan sebesar Rp2 miliar dan tahun 2011 sebesar Rp4 miliar.

Sementara pada tahun 2012 ini dialokasikan sebesar Rp17 miliar anggaran khusus untuk memfasilitasi kegiatan LSM dan Ormas di Sumsel, katanya.

Ia menyatakan, anggaran untuk Kesbangpolinmas Sumsel kecil dimana pada tahun 2010 sebesar Rp10 miliar, kemudian tahun 2011 berkurang menjadi Rp8 miliar dan tahun 2012 sekitar Rp10 miliar.

Pada tahun 2013 anggarannya sudah dialokasikan sekitar Rp12,5 miliar, tetapi pihaknya mengusulkan lagi kepada gubernur, karena ada beberapa program kegiatan pada tahun depan, ujar dia.

Ia menyatakan, sebenarnya tugas Kesbangpolinmas itu banyak seperti pendidikan politik, meningkatkan SDM masyarakat dan semua kegiatan tersebut memerlukan dana.

"Kami memerlukan sekitar Rp20 miliar pada tahun 2013, apalagi ada delapan pemilihan kepala daerah (pilkada), sehingga aktivitasnya banyak," ujar dia.

Tugas Kesbangpolinmas itu mengembangkan, melaksanakan nilai empat pilar yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Ia juga menjelaskan, jumlah LSM dan Ormas di Sumsel tercatat pada tahun 2009-2011 yakni sebanyak 242 LSM dan 206 Ormas.

Kesbangpolinmas melakukan pembinaan terhadap LSM dan Ormas sudah terdaftar, sedangkan yang belum disarankan untuk mendaftarkan diri supaya enak berkoordinasi.

"Memang ada sebagian kecil LSM dan Ormas masih tidak mau mendaftar dan kita tidak bisa memaksa, karena tidak ada aturan wajib, walaupun tidak terdaftar tetap kita pantau," paparnya.

Bagi LSM dan Ormas yang sudah terdaftar di Kesbangpolinmas diikutsertakan dalam beberapa kegiatan antara lain seminar, workshop, bimbingan teknik dan pendidikan politik, demikian M Ikhwanudin.(ANT-SUS)



Editor: Yudi Abdullah
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasumsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar