Calon kepala daerah di Sumsel bermunculan

id calon walikota, bupati, sumsel

Calon kepala daerah di Sumsel bermunculan

Jembatan Ampera sebagai ikon Kota Palembang. (FOTO ANTARA/Yudi Abdullah/11)

...Setelah bursa calon Wali Kota Palembang seperti H.Mularis Djahri (Pengusaha Sumsel), H.Romi Herton (Wakil Walikota Palembang), H.Sarimuda (Kadishub Kominfo Sumsel), sejak dua pekan terakhir bursa calon Wali Kota Pagaralam juga mulai marak...
Palembang, (ANTARA News) - Pergantian wali kota dan bupati di sejumlah daerah di Sumsel masih satu tahun lagi, namun calon kepala daerah yang akan bertarung memperebutkan kursi orang nomor satu tersebut sudah mulai bermunculan.

Setelah bursa calon Wali Kota Palembang seperti H.Mularis Djahri (pengusaha Sumsel), H.Romi Herton (Wakil Walikota Palembang), H.Sarimuda (Kadishub Kominfo Sumsel), sejak dua pekan terakhir bursa calon Wali Kota Pagaralam juga mulai marak menjadi bahan perbincangan masyarakat dan pemberitaan media massa di Sumsel.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Selatan, H Suharindi salah satu calon Wali Kota Pagaralam yang juga mulai ramai diperbincangkan di media massa dan masyarakat kota tersebut.

"Saya menyerahkan pencalonan sebagai Wali Kota Pagaralam ke Partai Amanat Nasional (PAN). komunikasi dengan partai tetap jalan," kata Anggota DPRD Sumsel itu ketika ditanya mengenai pencalonan dirinya sebagai calon Wali Kota Pagaralam di Palembang, Minggu.

Menurut dia, dukungan masyarakat terhadap dirinya untuk pencalonan wali kota itu sudah banyak sampai sekarang ini.

Partai tentunya mengutamakan kader yang layak untuk dicalonkan, katanya.

Ia mengatakan, kalau pasangannya sendiri, itu nanti dipikirkan dan tentunya disesuaikan dengan bagaimana hasil survei.

Sementara mengenai dua rekan kerjanya sebagai anggota DPRD Sumsel yang telah menyatakan siap untuk maju pada pemilihan kepala daerah di Kota Pagaralam, ia menyatakan, wajar dan itu boleh saja sebagai warga negara punya hak dan keinginan.

"Semua kandidat mempunyai kans pada pemilihan Wali Kota Pagaralam," ujar dia.

Mengenai apa yang akan dilakukan di Kota Pagaralam, ia menuturkan, kembali pada kemampuan masyarakat, potensi alam dan kebutuhan masyarakat paling mendasar.

Dua rekan Suharindi di DPRD Sumsel yang menyatakan siap untuk maju pada pilkada Pagaralam adalah Arudji Kartawinata (Fraksi Partai Demokrat) dan Budiarto Marsul (Fraksi Partai Gerindra).

Selain di Kota Pagaralam, pilkada pada tahun 2013 juga akan dilaksanakan di Palembang, dan sejumlah nama sudah disebut-sebut bakal meramaikan bursa pemilihan wali kota di ibukota provinsi Sumsel tersebut.

Calon Wali Kota Palembang yang sering disebut-sebut akan maju antara lain H.Mularis Djahri (Pengusaha Sumsel), Romi Herton (Wakil Wali Kota Palembang sekarang), Sarimuda MT (Kadishub Kominfo Sumsel), Sarjan Taher (Mantan Anggota DPR RI).

Untuk pilkada gubernur sejumlah nama juga mulai disebut-sebut oleh masyarakat akan maju sebagai bursa calon, seperti Alex Noerdin (gubernur sekarang), Herman Deru (Bupati OKU Timur), H Eddy Santana Putra (Wali Kota Palembang), Ridwan Mukti (Bupati Musi Rawas) dan Ishak Mekki (Bupati OKI). (ANT/KR-SUS)