Car free day di Palembang semakin diminati

id car free day, kambang iwak, bkb, palembang

Car free day di Palembang semakin diminati

Warga Kota Palembang setiap sore dan akhir pekan menikmati suasana Taman Kambang Iwak untuk berolahraga dan santai. (FOTO ANTARA/Yudi Abdullah/11)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kawasan hari bebas kendaraan bermotor (car free day) Kambang Iwak di Palembang, Sumatera Selatan, semakin diminati, pada Minggu pagi, terlihat warga kota pempek ini mulai dari remaja hingga orang dewasa memadati kawasan tersebut.

Warga Kota Palembang memadati kawasan yang tertutup untuk kendaraan bermotor pribadi dan angkutan umum tersebut, untuk berolahrga dan bersantai bersama keluarga menikmati udara pagi yang bersih, dan jajanan yang digelar pedagang keliling di sekitar taman kolam ikan yang berada di samping rumah dinas wali kota Palembang itu.

Warga kota tampak ceria menikmati segarnya udara dengan lari pagi, jalan santai, bersepeda mengelilingi kawasan tersebut serta melakukan beberapa aktivitas olahraga ringan lainnya.

Kawasan yang ditetapkan Pemerintah Kota Palembang sebagai daerah terlarang dilalui kendaraan bermotor mulai pukul 06.00-10.00 WIB setiap hari libur itu, selain dimanfaatkan sebagai tempat olahraga dan santai bersama keluarga, juga menjadi ajang mempererat tali silaturahim.

pada area yang menjadi tempat favorit warga kota tersebut, para pengunjung bisa berjumpa dengan sanak saudara serta teman-teman yang pada hari biasa sangat jarang bertemu karena kesibukan aktivitas rutin masing-masing.

Salah seorang warga Palembang, Auzrel Suranegara mengatakan, dia bersama beberapa saudaranya hampir setiap hari Minggu meluangkan waktu ke Taman Kambang Iwak di Jalan Tasik Palembang itu, untuk berolahrga dan menikmati segarnya udara pagi yang bebas dari polusi asap kenalpot kendaraan bermotor.

"Sehari-hari kita disibukkan dengan aktivitas rutin dan dijejali menghirup udara yang telah terkontaminasi polusi asap kendaraan bermotor yang memadati sejumlah ruas jalan di kota ini. Bermain dan berolahraga di kawasan terlarang bagi kendaraan bermotor ini memberikan suasana yang berbeda dan lebih nyaman," kata dia.

Wali kota Palembang, Eddy Santana Putra beberapa waktu lalu mengatakan, untuk mendorong warga kota mengurangi ketergantungan dengan kendaraan bermotor, pihaknya secara bertahap menetapkan kawasan tertentu sebagai daerah "car free day".

Penetapan kawasan tersebut disambut baik warga kota ini, terbukti dua lokasinya, seperti kawasan objek wisata Benteng Kuto Besak (BKB) dan Taman Kambang Iwak pada hari dan jam tertentu (Sabtu dan Minggu, pukul 06.00-10.00 WIB) yang ditetapkan sebagai hari bebas kendaraan bermotor, dipatuhi warga kota dan menjadi tempat pilihan utama menikmati hari libur bersama kerabat dan keluarga.

Kawasan bebas kendaraan itu, setiap Sabtu dan Minggu selalu nampak dipadati warga yang sekadar bersantai, berolahraga maupun melakukan aktivitas rekreasi lainnya. (ANT-yd)